0

Pionen, Data Center Teraman, Tercanggih dan Unik di Dunia

Posted by Unknown on 05:57 in

Pionen, Data Center Teraman, Tercanggih dan Unik di Dunia

haaaaiii,...hhehehe kali ini saya akan posting tentang "Pionen, Data Center Tercanggih dan Unik di Dunia",..
 
Kalian tahu kan data center?ya,.. layaknya gedung Cyber dan IDC di Jakarta. Sederhananya itu adalah tempat penyimpanan data Internet seperti facebook, dan situs-situs internet lainnya. Misalkan kita mengunggah foto pernah terpikir kemana/dimana foto itu disimpan?nah di Data center lah foto dan data-data dari internet itu disimpan. Jadi Sebuah data center harus benar-benar terjaga keamanannya. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga keamanan data center ini salah satunya dilakukan oleh ISP asal Swedia Bahnhof AB.
 
Pionen, itulah nama Data Center yang katanya tercanggih di dunia itu. Dirancang oleh arsitek. Data Center ini dibangun di sebuah Bunker Nuklir di bawah Stockholm. Pada awalnya merupakan sebuah bunker nuklir yang digunakan dalam masa perang dingin. Saat itu bunker ini diberi kode nama Pionen White Mountains. Terletak 30 meter di bawah lapisan granit yang berada tepat di bawah Stockholm, Pionen memiliki luas 1.110 meter persegi. Pionen dirombak dari bunker nuklir menjadi data center pada tahun 2007-2008 dengan meledakkan sekitar 4000m kubik batu untuk membuat ruangan. Pionen bawah tanah ini memiliki rumah kaca, air terjun, mesin kapal selam Jerman, sinar matahari artifisial dan dapat bertahan dari serangan bom hidrogen, pintunya saja setebal 40cm.aman kan?hhaha


  • Terletak 30m dibawah lapisan batu granit membuat pionen tahan dari serangan bom hidrogen, bahkan dilengkapi pintu baja setebal 40cm dan komputer bertenaga tinggi yang tahan terhadap serangan nuklir sekalipun untuk segi keamanan jelas terjamin kawan.

mrsupel.blogspot.com - Pionen, Tempat Penyimpanan Data Tercanggih Di Dunia 


  • Pionen berisikan NOC yang mengontrol lima dari data center yang dimiliki Bahnhof, salah satu ISP terbesar di Swedia. Fasilitas tersebut juga berfungsi sebagai tempat hosting colocation jadi kalau kalian ingin, kalian bisa menempatkan Swedia Albert France-Lanord, yang mengambil inspirasi setting markas James Bond yang dirancang Sir Kenneth Adamsmurserver kalian disana (saya yakin harganya tidak murah!!hhaha). Bahkan Wikileaks situs yang kontroversial yang membuat kesal pemerintah Amerika itu menempatkan servernya di sini.

 



  • Pionen mempunyai cadangan/backup tenaga sebesar 1,5MegaWatt dari dua diesel Maybach yang biasa digunakan kapal selam Jerman. Jadi bila mereka kehilangan tenaga masih ada cadangannya, kebayangkan kalau Pionen dan semua servernya mati semua?

mrsupel.blogspot.com - Pionen, Tempat Penyimpanan Data Tercanggih Di Dunia 



  • Pionen memiliki akses internet dengan redudansi tiga lapis, jaringan itu terbuat dari serat optik melalui tiga jalur yang berbeda di bawah gunung kawan. Pionen merupakan salah satu tempat dengan koneksi internet terbaik di Eropa Utara. Wifian disana yok?wkwkwk

 

 



  • Dirancang dengan desain futuristik oleh arsitek asal Swedia Albert France-Lanord, yang mengambil inspirasi setting markas James Bond yang dirancang Sir Kenneth Adams. Desain yang terkesan brutal dan kaku diperhalus dengan penambahan tanaman hidup dan cahaya matahari, serta air terjun buatan. Lingkungan kerja Pionen dilengkapi dengan rumah kaca, air terjun, akuarium air asin sebesar 2.600 liter dan sinar matahari buatan untuk menjaga kenyamanan 15 karyawan senior yang bekerja full time disana. 
 
 
 


0 Comments

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa dan kata-kata yang baik dan layak untuk dilihat, silahkan lakukan tanya jawab bila ada yang ditanyakan^^ :)

Lulus licensi © 2009 Gudang informasi Semua yang berisi informasi. Tema ini dibuat oleh Taman Siswa University. | Yang punya blog ini Rakai.

^_^ Selamat datang di blog Gudang informasi Terima kasih telah berkunjung di blog saya.. Klik menu daftar isi untuk memudahkan pencarian anda ^_^